Sablon plastisol dan sablon rubber merupakan jenis sablon kaos yang paling banyak digunakan dalam pembuatan sablon kaos manual sabloner pasti sudah sangat akrab dengan dua jenis sablon ini.

Lalu sebenarnya apa perbedaan mendasar dari keduanya ? yuk kita cari tau.

perbedaan sablon plastisol dan sablon rubber

sablon plastisol dan sablon rubber
contoh sablon plastisol solvenbase

sebelum memesan atau membuat sablon kaos kita harus tau perbedaan kedua jenis sablon ini karena memang paling umum digunakan oleh vendor sablon.

Sablon rubber berbasis air

Sablon rubber (karet ) merupakan jenis sablon berbasis air yang biasa disebut dengan waterbase,

Mengapa disebut waterbase karena saat megurangi tingkat warna pada tinta rubber dapat menggunakan air selain itu saat membersihkan screenpun cukup menggunakan air.

Tinta sablon rubber bahan utamanya adalah karet sesuai dengan penamaannya,tinta ini bersifat elastis sehingga dapat menutup serat kain dengan baik dan timbul.

Baca Juga : Jenis Sablon Kaos

Tinda sablon rubber sangat bagus untuk menutup permukaan kaos yang berwarna gelap sekalipun sehingga menjadi salah satu jenis jenis tinta yang paling banyak digunakan daripada jenis tinta lainnya.

Salah satu merek tinta yang paling populer adalah matsui,wilflex dan quaret namun karena tingginya permintaan dari para pengusaha sablon banyak juga supplier yang menjual tinta jenis ini dipasaran yang dibuat dan diracik sendiri oleh para supplier.

Sama namun tidak beda mungkin inilah kata yang tepat untuk menggambarkan kualitas tinta rubber dipasaran.

Dalam satu kasus kami pernah menerima orderan dari Distro luar kota plus tinta yang mereka rekomendasikan awalnya kami menolak karena kami kurang yakin dan belum pernah menggunakannya.

Namun karena keinginan pembeli maka kami akhirnya menggunakan tinta tersebut namun setelah selesai pengerjaan apa yang kami khatirkan terjadi yaitu ada kaos yang tidak lulus quality control dan jumlahnya hampir 40 kaos dan akhirnya direject.

Biasanya dalam proses pengerjaan ada human error hanya sekitar 1-2 kaos saja namun ini jumlahnya cukup banyak sehingga kami menyimpulkan bahwa penyebabnya adalah tinta yang diberikan tidak memenuhi standar.

Setelah negoisasi alhamdulillah yang beli tidak menanggungkan semuanya kepada kami mereka bersedia membayar untuk kain yang akan dibuatkan ulang dan kami membuat sesuai yang error tadi dan tinta dari kami.

Dari kasus diatas kita bisa ambil pelajaran bahwa berhati-hati jika menggunakan tinta yang tidak biasa kita gunakan karena tidak semua pembeli sebaik sabloner diatas.

Bayangkan jika mereka menolak untuk membayar dan membebankan semua kerugian kepada kami selain kerugian tentulah nama baik usaha kita akan tercoret hanya karena sedikit kesalahan.

Sablon plastisol berbasis minyak

Sablon plastisol merupakan sablon berbasis minyak atau biasanya disebut solvenbase,tinta terbuat dari bahan dasar berupa minyak tepatnya adalah resin poly vinyl chloride atau PVC serta Plasticizer

Sablon jenis ini banyak digunakan oleh distro-distro karena kualitas yang dihasilkannya cukup bagusdengan tekstur rapat dan hasil lebih sablon jelas

Sablon plastisol dapat bertahan lama dan awet walaupun dicuci berulang kali namun yang perlu diperhatikan adalah saat menyetrika harus dibalik atau dilapisi kertas agar tidak merusak sablonannya karena sablon plastisol tidak tahan terhadap suhu panas setrika berbeda dengan sablon rubber yang cenderung lebih kuat terhadap panas.

Untuk proses pengeringan dibutuhkan pemanas yang cukup yaitu sekitar 150 C karena tinta berbasis minyak yang tidak akan kering dengan sendirinya sehingga proses penyablonan sedikit lebih lama

Baca Juga : Ukuran Screen Sablon Kaos

Untuk membersihkan screen setelah menggunakan juga tidak bisa hanya dengan air atau sabun dibutuhkan cairan khusus agar screen benar-benar bersih sebelum digunakan kembali

Kelebihan dan kekurangan sablon plastisol dan sablon rubber

Setelah panjang dan lebar saya menguraikan perbedaan sablon plastisol dan sablon rubber kita dapat menarik kesimpulan bahwa sablon plastisol lebih baik dari sablon rubber

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis sablon diatas

Sablon plastisol

kelebihan

  1. Hasil sablon lebih bagus,rapat dan mengkilap atau glosi
  2. Kualitas sablon lebih baik dan digunakan oleh standar distro terkemuka baik di indonesia maupun mancanegara
  3. Terlihat lebih eklusif
  4. Hasil sablon lebih awet walaupun dicuci berkali-kali

Kekurangan

  1. Proses pengerjaan sedikit lebih lama
  2. Membutuhkan pemanas dengan kekuatan besar yang otomatis akan menyedit daya listrik lebih banyak
  3. Harga sablon lebih mahal
  4. Sangat rentan terhadap setrika sehingga harus hati-hati
Sablon rubber

kelebihan

  1. Sangat bagus jika digunakan untuk komunitas dan event saat dibutuhkan dalam jumlah banyak
  2. Dapat menutup warna kain yang gelap karena sifatnya yang menempel dan pekat sehingga dapat menutup warna kain dengan baik
  3. Dapat menghasilkan warna-warna yang lebih bervariasi dan hasilnya sangat baik
  4. Proses pengerjaan lebih cepat
  5. Kualitas juga bisa bagus dan dapat digunakan hampir seluruh desain yang kita inginkan
  6. Biaya lebih murah
  7. Tidak membutuhkan pemanas yang besar

Kekurangan

  1. Kurang menjual jika digunakan oleh distro namun bisa juga hasil bagus dengan penggabungan beberapa teknik penyablonan
  2. Kurang tahan lama jika digunakan sablon akan terkelupas (namun dari pengalaman pribadi dengan tinta yang tepat cukup bertahan lama)

Ulasan diatas adalah hasil dari pengalaman kami dan sedikit referensi dari orang lain yang bergelut dibidang serupa semoga bisa menjadi referensi bagi yang ingin membuat kaos atau yang ingin menggeluti dunia usaha sablon kaos.

Insyaallah dengan usaha sendiri hasil yang kita dapatkan bisa mencukupi lahir dan batin dan ada kepuasan tersendiri jika kualitas sablon kita digemari oleh banyak orang.

Oke kami sudah menjelaskan sedikit banyak tentang Mengenal sablon plastisol dan sablon rubber yang paling banyak digunakan semua kembali ke masing-masing disusaikan dengan kegunaan dan budget yang anda miliki.

jika ingin membuat kaos atau sekedar bertanya jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Mengenal Sablon Plastisol Dan Sablon Rubber Yang Paling Banyak Digunakan
SHARE PLEASE :)

One thought on “Mengenal Sablon Plastisol Dan Sablon Rubber Yang Paling Banyak Digunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!